Properti Tari Kandagan

3 min read

properti tari kandagan

Properti tari Kandagan – Sunda merupakan sebuah ras yang berada di paling barat pulau Jawa. Nah, di tanah Sunda ini terdapat banyak sekali  macam-macam budaya yang bisa kita ulik karena keunikannya.

Salah satu yang cukup menarik yakni seni tari Kandagan. Tari ini merupakan sebuah seni tari kreasi baru yang diciptakan atas pengembagan tari Renggarini.

Kandagan sendiri memiliki arti untuk menyimpan perhiasan dan barang berharga. Nah, dalam pementasannya adapun beberapa macam properti yang harus disiapkan.

Penasaran? yuk, simak ulasan paling lengkapnya seperti dibawah ini

Macam Macam Properti Tari Kandagan

                                                                   Sumber Image / pengajar.co.id

Tari Kandagan dapat ditarikan secara berkelompok maupun secara tunggal.

Nah, adapun beberapa macam properti tari Kandagan yang diperlukan dalam sebuah pergelaran tari diantaranya sebagai berikut:

#1. Siger

                                                                Sumber Image / assets.promediateknologi.com

Salah satu properti yang utama dalam tari Kandagan yaitu Siger. Siger merupakan suatu mahkota yang memiliki bentuk segitiga dan berwarna emas.

Biasanya Siger memiliki banyak cabang yang berjumlah sekitar sembilan atau tujuh buah. Bahan baku pembuatan Siger yakni sebuah tembaga, kuningan maupun logam yang diberi cat warna emas.

#2. Baju Tutup Kurung

Properti tari Kandagan yang berikutnya adalah kostum tari Kandagan itu sendiri, yang terdiri atas baju yang tidak memiliki lengan. Biasanya baju ini berwarna hitam lengkap dengan motif coraknya yang berwarna emas.

Nah,  adapun pada bagian bawahnya menggunakan kain jarik yang menjuntai hingga ke bagian lutut kaki penari.

#3. Sanggul

                                                         Sumber Image / www.goodnewsfromindonesia.id

Properti berikutnya adalah sebuah Sanggul. Sanggul adalah sebuah cara penataan rambut dengan cara dicepol atau meggelungkan rambut kebagian belakang penari.

Hal ini membuat penampilan penari menjadi lebih indah dan cantik. Cara penggunaan nya cukup mudah, mula-mula gelungkan rambut kebagian belakang penari.

Kemudian, kunci dengan tusuk rambut/konde supaya tidak berubah ubah.

Nah, kemudian pasangkan Sanggul pada bagian belakang rambut dan beri beberapa hiasan lainnya seperti roncean bunga melati, cunduk mentul dan masih banyak lagi.

#4. Selendang

                                                                 Sumber Image / images.tokopedia.net

Selendang merupakan sebuah properti yang tak boleh hilang dalam tarian adat Jawa dan Sunda apapun. Pasalnya penggunaan selendang sudah menjadi ciri yang melekat pada daerah Jawa dan Sunda.

Nah, adapun beberapa macam jenis selendang yang ada pada era sekarang dengan berbagai varian warna pula.

Pada tarian Kandagan warna selendang yang dipilih biasanya menyesuaikan dengan warna kostum yang digunakan pada tarian Kandagan.

#5. Topeng

                                                                 Sumber Image / asset.kompas.com

Properti terakhir  yakni adalah topeng. Topeng dalam tarian Kandagan akan digunakan pada moment-moment tertentu.

Biasanya topeng ini digunakan pada bagian akhir tari Kandagan. Motif topeng yang dipilih merupakan tokoh-tokoh pewayangan sunda seperti cepot dan masih banyak lagi.

Properti Alat Musik Tari Kandagan

Setelah Anda mempelajari beberapa macam properti tari Kandagan, selanjutnya sebagai pelengkap mari kita ulas berbagai macam properti alat musik tari Kandagan.

Alat musik yang dipakai dalam tari Kandagan yakni sebuah gamelan khas Sunda.

Gamelan Sunda yang terdiri atas Suling degung, Bonang, Saron, Gendang, Gong, Rebab, Jengglong, Kulanter dan ditambah dengan alat musik pelengkap lainnya seperti angklung.

Keberadaan alat musik ini dapat memberikan instrumen Sunda yang khas. Tentunya hal ini dapat memberikan nyawa pada tarian Kandagan.


Demikian berakhir sudah beberapa macam properti tari Kandagan yang bisa jadi referensi sebelum memulai menarikan tari Kandagan.

Terimakasih telah membaca artikel ini hingga akhir. Sampai jumpa di artikel selanjutnya dan jangan lupa bagikan artikel ini supaya memberi manfaat untuk semua orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.