Properti Tari Moyo

1 min read

properti tari moyo

Properti Tari Moyo – Tari moyo merupakan sebuah tarian yang bertujuan untuk hiburan pada kaum bangsawan di Nias, Sumatera Utara.

Biasanya ditampilkan pada acara-acara adat tertentu, seperti penyambutan tamu, pesta adat setempat dan masih banyak lagi.

Nah, adapun beberapa macam properti tari Moyo seperti pakaian adat Nias, kain serampang dan masih banyak lagi. Penasaran dengan penjelasan selengkapnya??

Yuk, simak dengan seksama di bawah ini

Macam Macam Properti Tari Moyo

Penggunaan properti tari Moyo sangat penting dalam menunjang gerakan tari Moyo. Terdapat pula filosofi tersendiri dari masing-masing properti tari tersebut.

Lebih lengkapnya yuk, simak penjelasan selengkapnya dibawah ini dengan seksama:

#1. Pakaian Adat Nias

Properti tari Moyo yang pertama yakni pakaian adat suku Nias. Baru Oholu merupakan sebutan untuk pakaian adat laki-laki, sedangkan Oroba Si oli sebutan untuk pakain adat perempuan.

Ciri pakaian adat Nias yang paling mencolok yakni dari warnanya. Warna kuning, merah dan hitam menjadi warna utama dari pakaian adat Nias.

Adapun beberapa makna dari tiap-tiap warnanya. Warna kuning menjadi menggambarkan kekayaan, kemakmuran dan kebesaran.

Warna Merah menggambarkan keberanian, serta warna hitam menggambarkan ketabahan dan kewaspadaan.

#2. Kain Serampang

Kain Serampang merupakan salah satu properti tari Moyo yang menambahkan keindahan. Kain Serampang biasanya terbuat dari kain beludru.

Memiliki warna yang dominan merah dan juga diberikan ornamen berwarna kuning keemasan. Kain Serampang ini nantinya akan diselempangkan pada secara menyamping di tubuh penari.

#3. Hiasan Kepala Khas Nias

Properti tari Moyo yang berikutnya meliputi hiasan kepala. Hiasan kepala merupakan salah satu bagian penting dari pakaian adat suku Nias.

Nah, untuk penari pria menggunakan mahkota sebagai Propertinya, sedangkan untuk penari perempuan menggunakan hiasan kepala berupa ikat kepala.

Warna dari ikat kepala dan mahkota berwarna kuning keemasan. Penggunakan ikat kepala dan mahkota menggambarkan kejayaan dan kekayaan.

#4. Gelang

Gelang merupakan suatu aksesoris tari Moyo yang menambahkan nilai estetika dari tarian Moyo. Gelang yang digunakan biasanya pada pergelangan tangna bagian kanan dan kiri.

Warna dari gelang tersebut biasanya berwarna kuning keemasan.

#5. Aksesoris Tari

Jenis properti tari yang terakhir ini adalah aksesoris tari. Sangat penting sekali penggunaan aksesoris ini, contonhnya seperti kalung, anting-anting dan make up penari.

Tujuan dari penggunaan aksesoris ini adalah untuk mempercantik penampilan penari dan memudahkan penari untuk meyampaikan isi atau makna tarian.

Properti Alat Musik Pengiring Tari Moyo

Nah, selain beberapa macam properti tari Moyo diatas ada pula bagian penting lainnya dari pertunjukan tari Moyo, yakni properti alat musik tari Moyo.

Tari moyo di iringi dengan awalan tempo yang pelan kemudian cepat sesuai dengan syair lagunya. Alat musik yang digunakan biasanya berupa alat musik tradisioal khas Nias seperti genderang dan gong.

Kemudian ditambah dengan lantunan syair yang indah. Penggunaan alat musik pengiring tersebut dapat memudahkan penari dalam menyampaikan isi tari Moyo dan menambahkan nyawa dari  tarian tersebut.

Coba bayangkan jika ada suatu tarian tanpa adanya iringan musik? hambar bukan? Seperti aku tanpa kamu, hambar…


Nah, itulah tadi beberapa macam properti tari moyo yang bisa Anda ketahui. Selain properti Anda juga telah dikenalkan dengan properti alat musik pengiringnya.

Wah, lengkap sekali bukan? dan pastinya telah menambah wawasan kalian bukan? Ayo, semangatlah untuk mempelajari tarian khas Indonesia sebagai wujud untuk melestarikan budaya Indonesia.

 

Terima kasih telah membaca hingga akhir. Yuk, share ke teman-teman Anda agar memberikan manfaat ke banyak orang. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.