Properti Tari Saman

4 min read

properti tari saman

Properti Tari Saman – Dari beribu macam ragam kesenian tari di Indonesia, tari Saman menjadi salah satu tarian tradisional yang sangat populer di Indonesia, bahkan dunia.

Tari Saman merupakan jenis tarian tradisional yang berasal dari Aceh. Tari ini digunakan sebagai salah satu media dalam penyampaian dakwah di Aceh.

Tiap-tiap gerakannya mencerminkan sopan santun, keagamaan dan kepahlawanan. Dibalik dari semua itu, ada properti tari Saman yang menjadi bagian penting dalam pertunjukan tarian tersebut.

Oleh karena itu, yuk simak penjelasan mengenai beberapa jenis properti tari Saman, di bawah ini

Macam Macam Properti Tari Saman

macam properti tari saman
Sumber: kompasiana.com

Tari Saman termasuk dalam salah satu tarian yang ditampilkan pada pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta. Wah, keren sekali bukan? 

Nah, dibalik kehebatan nya itu ada beberapa peran penting dalam kehebatan tari piring, salah satunya adalah properti yang digunakan sang penari.

Adapun macam-macam properti tari Saman selengkapnya berikut ini:

#1. Bulung Teleng

bulung teleng
Sumber : serambinews.com

Salah satu jenis properti yang tidak boleh ketinggalan yakni bulung teleng. Bulung teleng merupakan properti khas suku Gayo.

Bulung teleng bisa juga disebut dengan Tengkuluk, yakni berupa kain sulam yang memiliki warna hitam.

Kemudian ditambah dengan manik-manik di bagian depannya untuk mempercantik tampilan dari Bulung Teleng. Nantinya kain ini yang akan digunakan penari di bagian kepala.

#2. Baju Adat Suku Gayo

makna tari samana
Sumber: neposiana.com

Nah, selanjutnya adalah pakaian atau kostum yang digunakan dalam tarian Saman.. Kostum yang dikenakan merupakan pakaian adat khas suku Gayo, bisa disebut dengan baju pokok atau baju kerawang.

Pakaian tari Saman berbeda dengan pakaian yang biasa digunakan pengantin Gayo. Terutama pada bagian warna benang sulaman.

Baju Gayo hanya menggunakan teknik sulaman dengan warna putih, merah, hijau dan juga kuning.

Pakaian adat ini memiliki ciri berwarna dasar hitam lengkap dengan sulaman benang berwarna putih, hijau dan juga merah.

Selain itu, pada bagian pinggang baju pokok dilengkapi dengan sulaman menggunakan kekait dan kedawek. Pakaian adat suku Gayo ini biasanya berlengan pendek.

#3. Celana Adat Suku Gayo

Sumber : docplayer.info

Selain baju adat, adapun celana khas suku Gayo. Celana suku Gayo terbuat dari kain yang memiliki tekstur mengkilap serta berwarna hitam polos dan panjang.

Terdapat motif dan corak pada bagian bawah celana ini hingga menutup mata kaki. Motifnya berwarna kuning keemasan tanpa ada rendanya.

Coraknya biasanya menyerupai warna kain songket yang terlilit di pinggang penari Saman. Bentuk coraknya berbentuk melingkar seperti gelang.

#4. Stagen

Sumber : media.karousel.com

Properti tari Saman selanjutnya yaitu Stagen. Stagen sebuah kain pengikat pakaian Saman supaya tidak kendur.

Stagen memiliki fungsi untuk menunjukan bentuk tubuh penari Saman. Adapun warna Stagen pada umumnya berwarna hitam.

Dibalik pemakaian Stagen tentunya memiliki beberapa filosofi tersendiri yakni supaya tubuh si penari tetap tegak dan terlihat sopan.

Selain itu, juga agar tetapi santun dalam melakukan apapun terlebih bertutur kata. Dengan ini, Anda dapat mendapatkan hikmah dibalik penggunaan properti tersebut.

#5. Sarung atau Kain Kerawang Gayo

Sumber: baranewsaceh.com

Properti tari Saman yang selanjutnya yakni sarung. Sarung berfungsi untuk dililitkan pada celana panjang khas Gayo yang dikenakan penari.

Warna kain yang digunakan pun beragam menyesuaikan dengan warna baju yang digunakan.

Kain sarung yang digunakan memiliki motif batik yang disesuaikan dengan adat Gayo. Motif batik Gayo biasa juga dikenal dengan istilah Kerawang Gayo.

Ciri khas batik Gayo yaitu bahan pewarnanya terbuat dari benang. Serta dibuat berdasarkan lambang atau gambar berfalsafah tertentu.

Nah, Sarung batik Gayo ini biasanya digunakan sebagai alternatif kedua, jika tidak ada kain songket.

#6. Topong Gelang

Sumber : tokopedia.com

Topong gelang merupakan properti tari Saman yang digunakan di pergelangan tangan. Properti yang satu ini terbuat dari kain tertentu yang kemudian diikat pada pergelangan tangan penari.

Bentuknya berupa aksesoris yang menyerupai rantai pada baju adat Gayo. Tidak seperti aksesoris pakaian adat yang lainnya, Topong gelang hanya dipakai di satu pergelangan tangan, biasanya tangan kanan saja.

Hal ini dapat memperindah gerakan tari Saman, karena tangan menjadi bagian utama dalam tari Saman.

#7. Sabuk

Sumber : shopee.com

Sabuk berfungsi untuk menutupi Stagen yang berada di pinggang penari. Sabuk merupakan aksesoris pelengkap dalam properti tari Saman.

Sabuk memiliki filosofi khusus, terutama sabuk yang terbuat dari kain tenun. Filosofinya yaitu, siapa penari mampu memenuhi kebutuhan hidup.

Karena dalam melakukan suatu pekerjaan harus didasari dengan niat yang sungguh-sungguh agar memperoleh hasil yang maksimal.

#8. Kain Songket

Sumber : galamedia.com

Properti tari Saman yang berikutnya yaitu, kain songket. Kain songket berasal dari suku Melayu, berupa sejenis kain tenun tradisional.

Pulau Sumatera merupakan pulau yang sebagian besar masyarakatnya merupakan suku Melayu. Jadi tak perlu heran jika kain songket menjadi salah satu properti tari Saman yang wajib ada.

Tidak hanya tari Saman, beberapa tarian adat di Sumatera lainnya juga menggunakan kain songket sebagai properti utama.

Kain songket dibuat dengan benang berwarna emas dan perak. Kedua benang tersebut memberikan kesan cerah dan berkilau.

Hal ini dapat mempercantik penampilan penari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton.

#9. Sapu Tangan

Sumber : mediacarousel.com

Properti tari Saman yang terakhir yaitu sapu tangan. Tidak jauh berbeda dengan sapu tangan pada umumnya, sapu tangan yang digunakan pada tari Saman berbentuk persegi.

Cara penggunaan sama dengan Topong Gelang, cukup lilitkan sapu tangan pada pergelangan tangan penari tari Saman.

Warna sapu tangan yang digunakan biasanya mengikuti warna pakaian yang digunakan supaya selaras.

Pemilihan warna sapu tangan melambangkan keberanian, keperkasaan dan kekompakan terhadap kepercayaan adat masyarakat setempat.

Alat Musik Properti Tari Saman

alat musik tari saman
Sumber : medanbisnisdailiy.com

Selain beberapa properti di atas adapun beberapa properti alat musik pengiring tarian Saman. Penasaran? yuk ikuti penjelasan lengkapnya dibawah ini

Gendang, merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara di tepuk. Gendang dapat menghasilkan suara yang unik dan khas.

Telapak tangan, merupakan sumber musik utama tari Saman. Adapun gerakan tari Saman salah satu diantaranya menepuk tangan, memukul dada, serta memukul pangkal paha.

Hal ini dapat menimbulkan suara akustik yang indah apalagi dipadukan dengan suara pukulan gendang.

Fungsi Properti Tari Saman

fungsi properti tari saman
Sumber: goodnewsfromindonesia.com

Setelah Anda mengetahui beberapa macam properti tari Saman, selanjutnya Ada harus mengetahui beberapa fungsi dari penggunaan properti di atas, diantaranya:

  • Sebagai aksesoris pendukung dan pelengkap tari Saman.
  • Menambahkan keindahan penampilan penari tari Saman.
  • Mempermudah penari untuk menyampaikan makna dan isi pesan tari Saman.
  • Menyempurnakan gerakan tari Saman

Itulah tadi beberapa macam properti tari Saman lengkap beserta fungsi dan alat musik pengiring tari Saman yang bisa menambah wawasan Anda.

Intinya properti dalam suatu tarian memiliki fungsi supaya terlihat rapi, sopan dan menunjang gerakan tarian.

Terimakasih telah membaca artikel ini hingga selesai, semoga bermanfaat. Jangan lupa share dan ceritakan ke teman-temanmu tentang tari Saman ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.