Properti Tari Sekapur Sirih

6 min read

properti tari sekapur sirih

Properti Tari Sekapur Sirih – Jambi merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terdapat di tengah pulau Sumatera ini memiliki ragam kebudayaan yang menarik untuk dipelajari.

Salah satu kebudayaan yang unik adalah kesenian tari Sekapur Sirih. Tarian ini adalah tarian adat masyarakat Jambi ketika menyambut tamu kehormatan.

Tidak hanya itu tarian Sekapur Sirih sering pula ditampilkan dalam acara-acara adat tertentu. Nah, tentunya dalam pementasan tari Sekapur Sirih memerlukan beberapa properti yang digunakan.

Apa saja properti tari Sekapur Sirih? Yuk, simak dan baca dengan seksama ulasan selengkapnya berikut ini

Macam Macam Properti Tari Sekapur Sirih

                                                                              Sumber Image / i0.wp.com

Cerano atau wadah yang terdapat beberapa lembar daun sirih merupakan properti utama dalam tarian Sekapur Sirih.

Nah, tidak hanya Cerano saja, ada juga beberapa macam properti tari Sekapur Sirih secara lengkap, diantaranya:

#1. Cerano

                                                                  Sumber Image / cf.shopee.co.id/file

Cerano merupakan salah satu properti tari Sekapur Sirih yang paling penting. Pasalnya Cerano merupakan ciri khas tari Sekapur Sirih.

Cerano yakni suatu wadah yang isinya adalah sekapur sirih. Sekapur sirih yakni terdiri dari beberapa lembaran daun sirih.

Dalam pertunjukan tari Sekapur Sirih, Cerano nantinya akan disuguhkan kepada para penonton yang datang.

Kemudian para tamu diminta untuk mencicipi sekapur sirih. Tidak hanya polosan begitu saja, Cerano biasanya dihias dengan kain Songket berwarna hitam pekat.

Kemudian pada kain Songket tersebut terdapat motif berwarna merah. .

#2. Kain Songket

                                                          Sumber Image / www.goodnewsfromindonesia.id

Kain Songket merupakan salah satu properti tari Sekapur Sirih yang wajib ada. Pasalnya kain Songket digunakan untuk membantu gerakan tarian Sekapur Sirih.

Kain Songket sendiri adalah sebuah kain tenun Melayu yang dibuat dengan teknik Songket. Kain Songket yang dipilih biasanya berwarna merah yang berasal dari benang sutera yang ditenun.

Adapula kain Songket yang ditenun dengan benang logam yang berwarna metalik, yang dapat menimbulkan kesan mengkilap.

Kain songket biasanya juga terdapat motif yang terbuat dari benang emas dan perak. Kain Songket adalah suatu kerajinan tradisional yang dapat bersaing dengan pula dengan kain-kain modern.

#3. Teratai Dada

                                                Sumber Image / www.goodnewsfromindonesia.id

Properti tari Sekapur Sirih yang berikutnya adalah Teratai Dada. Teratai Dada merupakan aksesoris yang melingkari leher penari dan biasanya digunakan oleh penari perempuan.

Teratai Dada terbuat dari kain beludru yang diberikan payet berwarna kuning keemasan. Bentuknya yang menyerupai bunga teratai menjadi alasan properti ini dinamakan Teratai Dada.

Adapun pilihan warna kuning keemasan menjadi salah satu ciri khas dari properti ini

#4. Baju Kurung

                                                              Sumber Image / 1.bp.blogspot.com

Properti tari Sekapur Sirih yang pertama yaitu adalah Baju Kurung. Baju Kurung sendiri merupakan pakaian adat khas Jambi.

Pakaian adat ini terdiri dari dua macam yakni pakaian yang sering digunakan sehari-hari dan juga baju kurung resmi di acara adat.

Perbedaan dari keduanya biasanya terletak pada bagian aksesoris yang digunakan dan warnanya. Bahan yang digunakan pada baju kurung biasanya adalah kain beludru.

Baju kurung terdapat pula motif sulaman yang berwarna emas. Ciri dari baju kurung sendiri adalah desainnya yang longgar pada bagian lubang lengan, dada serta pada bagian perut.

Pada baju kurung tidak memiliki kancing dan memiliki panjang hingga sejajar dengan lutut.

Di tiap-tiap ujung baju terdapat renda. Warna merah polos menjadi warna yang sering digunakan baju kurung dengan disertai hiasan berwarna keemasan.

#5. Selendang

                                                                   Sumber Image / www.balimall.id

Properti tari Sekapur Sirih berikutnya adalah selendang. Selendang merupakan salah satu properti tari yang sering digunakan di beberapa tarian tradisional di Indonesia.

Jenis warna yang dipilih dalam tari Sekapur Sirih biasanya berlawanan dengan warna baju Kurung yang dipilih.

Selain itu, adapun warna merah menjadi warna yang sering dipilih pada tari Sekapur Sirih.

Warna merah sendiri terbuat dari benang sutera yang ditenun secara manual sehingga hasil warnanya mengkilap. Hal tersebut melambangkan semangat api yang berkobar-kobar.

#6. Ikat Pinggang

                                                                        Sumber Image / cf.shopee.co.id

Properti tari Sekapur Sirih berikutnya adalah ikat pinggang. Ikat pinggang dalam tari Sekapur Sirih terbuat dari kain beludru.

Kemudian pada bagian pinggirannya terdapat motif tenunan yang berwarna kuning keemasan. Dalam pemakaiannya ikat pinggang juga menggunakan pending.

Pending adalah sebuah pengancing ikat pinggang yang dihias dengan berbagai variasi motif yang menarik.

Bentuk pending biasanya seperti mata manusia dan ada pula bentuk lain seperti segi empat atau bulat. Bahan pembuatan pending biasanya dari suasa atau emas dan juga perak ataupun tembaga.

#7. Mahkota

                                                                            Sumber Image / cf.shopee.co.id

Properti tari Sekapur Sirih berikutnya adalah mahkota. Mahkota menjadi salah satu properti yang wajib ada dalam pertunjukan tari Sekapur Sirih.

Penggunaan mahkota dapat menambah estetika penari Sekapur sirih.

#8. Hiasan Kepala

                                                                       Sumber Image / images.tokopedia.net

Dibagian rambut penari juga diberikan sanggul lipat pandan. Kemudian setelah itu diberikan sunting beringin serta kembang goyang untuk mempercantik tampilan penari.

Kemudian diberikan pula ikatan kepala yang terbuat dari kain warna merah lengkap dengan motif hiasannya berwarna emas.

Terakhir, di bagian rambut yang sudah di konde diberikan hiasan lainnya yang berupa bunga yang berumbai-rumbai bunga yang digantung pada bagian rambut.

#9. Kalung dan Cincin

Selain gelang ada pula properti lainnya yang wajib ada yakni kalung. Kalung merupakan properti tari Sekapur Sirih yang dapat mempercantik penampilan penari.

Adapun jenis kalung dalam tari Sekapur Sirih yaitu kalung jayo, kalung tapak dan juga kalung rantai sembilan. dan juga macam cincin pacat kenyang dan juga cicin kijang dan cincin capung

#10. Gelang

Properti tari Sekapur Sirih yang terakhir yaitu Gelang. Gelang adalah salah satu properti yang berfungsi untuk menambahkan keindahan pada penari.

Gelang dapat dipakai oleh penari laki-laki dan juga penari perempuan. Macam-macam gelang yang digunakan dalam tari Sekapur Sirih yakni gelang kilat bahu, gelang pipih, gelang kano hingga gelang puru.

Properti Alat Musik Tari Sekapur Sirih

                                                                    Sumber Image / asset.kompas.com

Nah, Selain beberapa properti di atas ada juga properti alat musik yang harus ada pada tari Sekapur Sirih.

Adapun beberapa alat musik yang harus ada untuk mengiringi tari Sekapur Sirih, diantaranya yaitu gong, biola, accordion, gambus, rebana dan juga gendang.

Iringan musik tersebut dibarengi dengan syair-syair berbahasa daerah Jambi. Makna lirik-lirik pada syair yang dilantunkan menggambarkan suasana gembira.

Perpaduan antara suara musik dan syair-syair yang dinyanyikan menambah kemeriahan pementasan tari Sekapur Sirih.


Nah, Itulah tadi beberapa rekomendasi properti tari Sekapur Sirih secara lengkap beserta alat musik pengiring tarinya.

Terimakasih telah membaca artikel ini sampai akhir dan semoga dapat menambah wawasan. Jangan lupa bagikan artikel ini ke berbagai platform sosial media Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.